Pulau Tegal Mas di Lampung menjadi pilihan baru wisata laut

Pulau Tegal Mas di Lampung menjadi pilihan baru wisata laut

Tak perlu jauh-jauh ke Maladewa atau tempat lain di luar negeri untuk bisa menikmati penginapan terapung tengah laut. Ada satu wisata di Provinsi Lampung yang bisa Anda coba. Namanya Pulau Tegal Mas, suatu kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Belakangan ini, destinasi wisata yang berdiri di atas lahan seluas 113 hektare ini telah menjadi magnet yang memikat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pulau yang berbentuk tegalan ini mempunyai kekayaan bawah laut yang tak kalah istimewa dibandingkan lokasi diving lain di Indonesia.

Wisatawan yang hobi diving dan snorkeling akan dimanjakan dengan keindahan biota laut, mulai dari terumbu karang, anemone, berbagai jenis ikan, penyu hijau, hingga hiu sirip hitam. Di dasar laut juga terdapat patung gajah yang merupakan ikon daerah Lampung yang bisa menjadi spot menarik untuk berfoto.

Ramai di akhir pekan

Para pengunjung juga bisa menikmati sensasi menginap di cottage apung yang berada di atas permukaan laut. Kita bisa merasakan tidur ditemani suara deburan ombak, dan pemandangan malam laut yang eksotik.

Ada pula beberapa jajaran villa di Kampoeng Lombok Mas. Villa yang ada di kawasan ini dibangun dengan gaya-gaya rumah tradisional, dengan material kayu dan jerami.

Kami mengadopsi penginapan seperti rumah adat, misalnya rumah tradisional khas Lombok dan Palembang. Kami sengaja membuat sesuatu yang unik bagi wisatawan, kata Hepi Yulizar, Pengelola Wisata Tegal Mas.

Biasanya, kunjungan wisatawan paling ramai pada hari libur serta akhir pekan. Hepi memperkirakan, dalam sepekan pengunjung yang datang ke lokasi ini bisa mencapai 500 orang sampai 1.000 orang, baik wisatawan lokal maupun turis asing.

Sampai dengan saat ini, tempat ini menyediakan 100 kamar penginapan yang. Jika ingin berlibur dan menginap di sini, kata Hepi, harga sewa mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta per malam. Ditambah dengan layanan antar jemput, tiket masuk, sarapan, snorkeling, foto di bawah air, main banana boat, menaiki kayak dan kano hingga memancing.

Selain fasilitas liburan di atas, di lokasi ini juga tersedia beragam fasilitas umum. Mulai dari toilet, restoran, hingga tempat ibadah.

Lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit berkendara roda empat dari Bandar Udara Internasional Radin Inten II, Bandar Lampung. Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Sari Ringgung.

Dari situ, Anda tinggal menyeberang dengan menggunakan perahu boat yang telah disediakan pengelola di Dermaga Tegal Mas. Perjalanan dengan moda air ini umumnya bisa ditempuh dalam waktu 10 hingga 15 menit untuk sampai ke tujuan. Dan, silakan bersantai.

Sumber