Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Layanan Money Changer

Saat ini kita sudah sangat mudah menemukan jasa penukaran mata uang asing atau money changer di sekitar kita. Maraknya bisnis money changer ini dikarenakan ada semakin banyak orang yang melakukan aktifitas bisnis ke luar negeri, dan juga berwisata di luar negeri.

nilai tukar mata uang di money changer

Aktifitas seperti inilah yang memerlukan money changer untuk membantu ketersediaan mata uang di negara yang akan dituju. Tapi ada baiknya anda tahu bagaimana cara memilih money changer agar anda terhindar dari berbagai kerugian.

Beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum menggunakan money changer antara lain adalah:

Mengecek Nilai Tukar

Sebelum menukarkan uang pastikan anda sudah mengetahui berapa nilai tukar yang berlaku pada hari itu. Untuk melakukan ini anda bisa melihat daftar nilai tukar mata uang asing di internet. Atau anda juga bisa menanyakan nilai tukar ini ke money changer terdekat. Biasanya money changer akan memasang daftar nilai tukar mata uang di dalam kantor mereka.

Gunakan Layanan Money Changer Berizin

Anda harus berhati-hati dalam menggunakan layanan money changer. Untuk itu anda harus memastikan bahwa layanan money changer yang anda gunakan adalah layanan money changer yang berizin atau authorized money changer. Ini akan mengurangi resiko anda terkena kecurangan atau mendapatkan uang rusak apalagi uang palsu yang tentunya akan merugikan anda.

Menukar uang di Bandara atau Hotel bisa mahal

Sebaiknya anda menukarkan uang anda bukan di daerah bandara atau daerah hotel. Bukan karena mereka akan menipu, tapi biasanya ratenya lebih kecil, jadi anda akan mendapatkan uang yang lebih sedikit dari seharusnya. Anda bisa mencari money changer berizin di luar kedua tempat ini.

KENAPA MEMILIH MONEY CHANGER DARI BANK?

Pasti anda juga sudah tahu bahwa bank melakukan perdagangan valas. Lalu kenapa banyak orang lebih memilih untuk melakukan transaksi mata uang asing di money changer? Bukankah bank lebih memberikan keamanan dan selain itu harga kurs yang diberikan juga selalu update.

Beberapa hal yang membuat banyak orang lebih memilih money changer daripada bank adalah

1. Proses Bank Lebih Lama

Beberapa bank akan mewajibkan nasabah terlebih dahulu membuka tabungan dalam bentuk mata uang asing sebelum bisa  menukarkan valuta asing. Hal seperti ini tidak bisa anda temui di money changer yang jauh lebih fleksibel. Anda hanya perlu membawa mata uang yang akan ditukarkan dan money changer akan melayani penukaran mata uang anda.

2. Bank memperhitungkan kondisi fisik mata uang

Bank biasanya tidak akan mau menerima penukaran mata uang asing yang kondisi fisiknya sudah banyak lipatan atau sangat lusuh. Berbeda dengan money changer yang lebih fleksibel dan masih menerima penukaran mata yang yang lusuh ini; walaupun beberapa money changer mungkin akan memberikan rate yang berbeda di dalam penukaran mata uang lusuh ini.

REKOMENDASI MONEY CHANGER TERPERCAYA DI JAKARTA

Jika saat ini anda mau menukarkan uang anda di money changer yang ada di kota Jakarta, maka money changer harga kurs adalah money changer berizin yang siap melayani anda. Anda bisa mengunjungi money changer harga kurs Jakarta dan melakukan penukaran mata uang asing anda

Translate ยป