Memahami Nilai Tukar Di Money Changer

Layanan money changer atau penukaran uang adalah sebuah layanan yang bisa anda lakukan untuk menukar mata uang rupiah ke mata uang lainnya. Anda akan bisa menemukan tempat penukaran uang atau money changer ini di bandara, terminal atau tempat-tempat perdagangan.

Jadi bagi anda yang mempunyai rencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri ataupun melakukan perdagangan dengan negara lain, maka jasa money changer akan sangat membantu anda. Dengan menukarkan mata uang anda, maka urusan perdagangan atau perjalanan luar negeri anda akan berjalan lebih lancar.

Nilai tukar mata uang setiap mata uang berbeda satu dan yang lainnya. Dan nilai tukar suatu mata uang pun selalu bergerak mengikuti kondisi perekonomian. Jadi anda harus selalu mencari tahu berapa nilai tukar mata uang yang berlaku saat anda akan menggunakan layanan money changer.

Untuk menukarkan mata uang anda, tentunya anda harus mengetahui nilai tukar mata uang tersebut dengan mata uang negara yang anda tuju. Akan ada nilai jual dan nilai beli yang menjadi selisih untuk keuntungan layanan money changer yang akan anda gunakan.

Cara Membaca Nilai Tukar Mata Uang

Bagi anda yang tertarik untuk menukarkan mata uang anda dengan mata uang lainnya, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membaca tabel kurs yang tersedia di money changer. Atau anda bisa juga membuka website money changer untuk mencari tahu berapa nilai tukar mata uang yang mereka sediakan pada saat itu.

Bagi anda yang mau membandingkan nilai tukar mata uang, maka anda bisa mencoba membuka website Bank Indonesia. Ini adalah nilai kurs yang resmi dan bisa menjadi patokan bagi anda dalam menggunakan layanan money changer pilihan anda.

Cara baca tabel nilai tukar mata uang ini sebenarnya cukup sederhana… Untuk setiap mata uang asing akan diberi nilai 1 dan akan ada kolom jual dan beli untuk nilainya dalam rupiah.

Adapun yang dimaksud dengan nilai BELI, adalah nilai yang ditetapkan oleh money changer sebagai nilai yang akan mereka bayarkan ke kita untuk mata uang yang kita tukarkan di money changer tersebut.

Sedangkan nilai jual adalah nilai yang harus dibayarkan kepada jasa money changer jika kita ingin mendapatkan mata uang asing dalam jumlah tertentu. Jadi singkat kata nilai-nilai ini di lihat dari sudut pandang money changer… Mereka mau BELI berapa atau JUAL berapa. Kira-kira sederhananya seperti itu.

Jadi nilai BELI tentunya akan selalu lebih rendah dari nilai JUAL, karena seperti yang sudah kami katakan di atas… money changer mendapatkan keuntungan dari selisih pembelian dan penjualan mata uang asing.

Untuk membantu anda memahami hal ini kami akan berikan contoh transaksi penukaran mata uang di bawah ini.

Anggap saja anda mau menukarkan uang dollar amerika sebanyak 10 dollar. Anda mau menukarkan dollar ini dengan mata uang rupiah. Jadi kurang lebih perhitungannya akan seperti ini.

Rp14.250 x US$10 = Rp142.500

Sangat sederhana sekali perhitungannya. Mungkin anda perlu membandingkan nilai tukar beberapa layanan money changer sebelum ada melakukan penukaran. Terlebih jika uang yang akan anda tukarkan cukup banyak jumlahnya

Translate ยป